Desain pemodelan grafik dapat diterangkan dan dijabarkan menjadi 3 kata, yaitu desain, pemodelan dan grafik.
Kata yang pertama yaitu desain. Desain
dapat diartikan sebagai proses untuk
menggambar, merancang, membuat dan menciptakan obyek baru untuk mendapat hasil
karya yang diinginkan.
Kata kedua yaitu pemodelan adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain obyek tersebut
sehingga terlihat seperti hidup. Pemodelan juga dapat diartikan
sebagai pola dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan
adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini
memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Dan kata ketiga adalah grafik
adalah pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar
dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik adalah suatu proses
pembuatan, penyimpanan dan manipulasi obyek.
Jadi kesimpulan dari Desain Pemodelan Grafik adalah proses
merencanakan atau merancang, membuat objek baru kemudian memproses obyek
tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan bantuan software /
perangkat lunak komputer.
contohnya adalah :
Desain
pemodelan grafik batik dalam hal budaya dan kesenian.
Desain batik saat ini sudah mengalami banyak perkembangan
dari waktu ke waktu. Karena batik jaman dahulu yang notabene yang dianggap kuno
ataupun ketinggalan jaman, namun sekarang batik dipakai di banyak kesempatan acara
formal ataupun informal, dan dijadikan fashion / style yang sedang digemari berbagai kalangan masyarakat di banyak negara.
desain batik saat ini sudah digunakan pada baju, kaos,tas, sepatu , aksesoris ,
hiasan rumah bahkan barang barang kehidupan sehari hari sudah banyak yang menggunakan desain batik .
Referensi: http://smartwomenn.blogspot.com/2012/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
No comments:
Post a Comment