Tuesday, October 27, 2015

Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) yang mendukung perekonomian Nasional Dalam Hal e-Business

Anggota:
Raden alvikar pambudi         58412462
Harisman Nugraha              52412326
Ahmad sulaiman                  50412481
Metta Christ natalius Zeb  54412558
Rifky Refliansyah               56412359


Pengertian e-B usiness 
e-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. e-Business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. e-Business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
e-Business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. e-Business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

Ada 4 model pokok yang berkembang dalam revolusi internet ini yang juga dinamakan the New Economy, yaitu :
1.      Business-to-Business (B2B)
Adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain. Ini diperkirakan sedang berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model - model yang lain.
2.      Business-to-Cunsumer (B2C)
Ini adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik. Contoh misalnya Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.
3.      Consumer-to-Consumer (C2C)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Contoh adalah eBay Inc (www.ebay.com), suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet.
4.      Consumer-to-Business (C2B)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan. Contoh ialah Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.

olx.com merupakan top online retailer di Indonesia,  memberikan kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke situs Tokobagus.
Dengan fasilitas yang sangat beragam,  akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang yang diposting oleh pedagang sesuai yang diinginkan.
Terdapat berbagai kategori yang disediakan pada web ini. Penunjung juga dapat menentukan range harga dan jangkauan kota sesuai kebutuhan. Web ini juga memfalisitasi pengunjung dengan memberikan rekening bersama jika ingin melakukan transaksi yang aman dan terpecaya.
Review website :

  • Website ini merupakan salah satu dari banyaknya website yang menggunakan metode e-business. Pada website ini menjual atau terdapat berbagai produk dengan menunjukkan detail dari produk tersebut, sehingga konsumen dapat dengan mudah memahami kelemahan dan kelebihan dari produk yang akan dibeli.
  • Teknologi yang digunakan oleh website ini pastinya menggunakan internet. Terdapat beberapa beberapa media social yang dapat terhubung ke website ini yaitu melalui : facebook, twitter, linkedn, google+, dll. Dengan memanfaatkan media social tersebut, perusahaan tokobagus ini dapat menghemat biaya yang seminim mungkin.
  • Bisnis yang dijalankan pada website ini yaitu B2B (Business-to-Business) dan B2C (Business-to-Cunsumer). B2C yaitu jenis perdagangan elektronik di mana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukanpenjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli (consumer). B2B yaitu di mana penjual dapat secara aktual membantu pembeli mengelola bisnisnya sendiri. Pada suatu tingkat tertentu, perusahaan B2B harus dapat membantu pelanggannya untuk mengelola proses pengelolaan pelanggannya sendiri
Preview Website :

No comments: