Pada postingan yang selanjutnya, adalah menjabarkan aturan desain aplikasi
mobile ,web dan desktop.
lalu apa sebenarnya pengertian desain?
lalu apa sebenarnya pengertian desain?
Pengertian dari desain itu beragam menurut beberapa
versi.
Seperti yang saya
jelaskan pada tugas sebelumnya, bahwa
pengertian desain menurut versi saya adalah bentuk perwujudan dari perancangan
suatu model buatan manusia untuk dapat dijadikan hasil/ obyek baru yang akan
lebih berguna nantinya saat telah diselesaikan prosesnya. Jadi kesimpulannya
baik desain untuk aplikasi mobile, web ataupun desktop itu memiliki bentukan
awal yang dilanjutkan proses selanjutnya sehingga terbentuk wujud yang lebih
indah yang diinginkan pengguna.
a.
- Menentukan Tujuan
1. Desain bertujuan untuk menyesuaikan antara hasil desain dengan manusia sebagai pemakainya dengan menyadari kelebihan keterbatasan serta kemampuan yang dimilikinya.
2. Desain yang dikombinasikan dengan unsur-unsur seni dan teknologi bertujuan untuk mencapai keamanan, kenyaman dan keindahan.
3. Desain diciptakan dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.
efisiensi, produkvitas kehidupan manusia sehari-hari.
Sedangkan untuk tujuan aplikasi yang dibuat adalah
sebagai media berkomunikasi bagi masyarakat yang berkesempatan untuk memperoleh
edukasi tentang berbagai pengalaman online mencari banyak informasi yang dapat
berupa jual beli, Tanya jawab, dan sharing tentang banyak informasi yang saling
dikommunikasikan.
b.
Menganalisa
Pengguna
Sudah kita pahami bahwa untuk memperoleh berbagai
informasi di dunia maya atau internet alah tidak serta merta semua boleh
menikmati layanan yang kita berikan. Kita memberi batasan kepada siapa saja
yang bisa melihat informasi yang kami tampilkan.
hal-hal yang harus diperhatikan dari pengguna, yaitu:
1.
Umur : Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa usia tetap
dibatasi untuk dapat menikmati layanan yang disuguhkan. Layanan yang
ditampilakn pun harus sesuai dengan usia pengguna, misalnya untuk umur seusia
anak anak. Harusnya tampilannya tak teralu formal dan monoton, karena pda
dsarnya anak anka tidak suka hal yang monoton, mereka lebih cenderung suka yang
mencolok dan cerah.
2.
bahasa dan budaya : begitu juga untuk bahasa dan budaya
harus diperhatikan, dengan menggunakan bahasa yang formal dan tidak mengarah
pada bahasa daerah tertentu. Misal bahasa jawa ataupun bahasa sunda maupun
bahasa yang lainya.
3.
Level pendidikan : untuk membuat desain pada level
pendidikan harus dapat menampilkan kesan formal dan tidak terlalu rumit ,
karena jika terlalu rumit maka akan kurang diminati oleh mereka yang notabene
orang berpendidikan.
4.
akses penggunaan,dan kategori desain aplikas: dalam
hal ini haruslah dibuat desain yang minimalis tanpa banyak corak dan embel
embel yang tidak pantas dipandang mata dan mengurangi bebasn memori.
5.
Kategori Desain Aplikasi : aplikasi yang dibuat
untuk memudahkan manusia dalam berinteraksi dengan dunia luar dengan berbagai
macam kebutuhan, misalnya untuk usaha perdagangan, untuk pendidikan jarak jauh,
dan lain lain.
c.
Menganalisa
Pesaing
Tidak kita
pungkiri bahwa dalam dunia bisnis ini pastilah terdapat pesaing yang dengan
siap menyaingi usaha yang dilakukan kita.
Adapun hal
yang perlu kita perhatikan dalam memahami karate pesaing atau kompetitor
1. Memahami pesaing:
Maksud dari
memahami pesaing dalah dengan melihat kinerja dari pesaing lakukan dalan
berusaha di dunia perdagangan, kita lihat dahului system kerjanya lalu kita
bandingkan dengan dsistem kinerja kita. Dan kita perbaiki cara kerja dan system
kerja kita.
2. Memahami yang sedang tren:
Maksud dari
mamahami tren dalah dengan melihat peluang dengan yang sedang menjadi tren di
kalangan masyarakat dankita bisa memanfaatkan tren tersebut sebagai langkah
awal untuk memulai strategi melalukan usaha awal.
d. Pahami kemampuan dan sumber daya
Mungkin
sebagian dari kita telah mengetahui sumber daya. Ya sember daya adalah
peralatan atau rangkaian yang digunakan untuk menjadi barang jadi. Dan suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu
dalam kehidupan. Sehingga kita dituntut untuk membuat agar tepat guna dan tidak
boros sumber daya yang ada.
e. Komposisi Desain
Dalam komposisi dsain terdapat beberapa unsur
diantaranyaAda beberapa hal yang dibahas dalam komposisi desain ini yaitu, ,
dan berikut sedikit penjelasannya
1.
komposisi rules of third
Pada rules of thirds, bidang foto dibagi menjadi
tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga anda
memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, kita sekarang memiliki
pertemuan empat titik
Keempat titik pertemuan yang diwarnai merah diatas
bisa kita sebut sebagai empat titik mata. Nah teori komposisi rules of thirds
mengatakan bahwa kalau kita menempatkan “point of interest” alias bagian paling
menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan
foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat.
Tidak semua empat titik harus diisi bersamaan, cukup salah satu. Dan elemen point of interest tersebut bisa jadi berupa obyek foto manusia ataupun benda mati.
Dalam ilmu desain disebutkan bahwa saat melihat sebuah gambar, mata manusia secara natural tertuju pada salah satu titik diatas dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Sehingga foto yang disusun dengan komposisi rules of thirds lebih enak dimata karena sejalan dengan cara mata kita melihatnya.
Tidak semua empat titik harus diisi bersamaan, cukup salah satu. Dan elemen point of interest tersebut bisa jadi berupa obyek foto manusia ataupun benda mati.
Dalam ilmu desain disebutkan bahwa saat melihat sebuah gambar, mata manusia secara natural tertuju pada salah satu titik diatas dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Sehingga foto yang disusun dengan komposisi rules of thirds lebih enak dimata karena sejalan dengan cara mata kita melihatnya.
2.
Grid
Sistem grid adalah kemampuan dasar yang harus
dimengerti dan dipahami oleh seorang desainer. Dahulu sebelum sistem grid web
disediakan secara luas oleh para web desainer, saya terbiasa membuat Grid
sendiri menggunakan ruler dan guide pada Photoshop. Kini template atau dasar
dari Grid telah banyak disediakan untuk dapat segera dipergunakan.
Pada dasarnya, semua yang kita lihat dan saksikan berdasarkan pada Grid, denah bangunan, bentuk gedung, layout majalah atau buku, tata ruang, bahkan desain Web berdasarkan pada Grid.
Pada dasarnya, semua yang kita lihat dan saksikan berdasarkan pada Grid, denah bangunan, bentuk gedung, layout majalah atau buku, tata ruang, bahkan desain Web berdasarkan pada Grid.
3.
Balance
Keseimbangan (balance) adalah salah satu poin
penting keberhasilan sebuah desain. Semua orang suka dengan keadaan nyaman
(tidak timpang) terhadap apa yang dilihatnya. Keseimbangan dalam desain grafis
dapat tercapai dengan mengatur berat visual masing-masing elemen, baik dalam
hal skala, warna, kontras, dsb.
Secara garis besar, keseimbangan pada desain grafis dapat terbagi kepada dua bagian :
a. Keseimbangan simetris (Symmetry Balance)
Secara garis besar, keseimbangan pada desain grafis dapat terbagi kepada dua bagian :
a. Keseimbangan simetris (Symmetry Balance)
b. Keseimbangan Asimetris (Asymmetry Balance)
4.
white space
Apakah White space tersebut? ruang kosong di
antara dan di sekitar unsur-unsur desain layout atau halaman. Hal ini dapat
meliputi: ruang di sekitar grafik dan gambar, margin dan selokan, ruang antara
kolom, dan bahkan ruang antara jenis baris. White space disebut juga sebagai
negative space. Negative space juga tidak menyiratkan arti bahwa hanya warna
putih yang dapat digunakan dalam pembuatan website yang dibuat oleh jasa design
web Anda, tetapi juga warna – warna lainnya juga dapat diaplikasikan.
Penggunaan white space yang baik memungkinkan terjadinya hubungan yang baik antara unsur – unsur halaman dengan design dari website yang dibuat oleh jasa design web Anda. Penggunaan white space yang cukup besar digunakan untuk menciptakan kesan yang canggih, eksklusif, dan mewah pada sejumlah desain produk high end seperti parfum dan mobil. White space juga bisa digunakan pada desain website yang dibuat oleh jasa design web Anda sehingga mempunyai kesan canggih, eksklusif, dan mewah. White Space memiliki 3 peran utama, yaitu:
a) Untuk membuat pengelompokan
b) Untuk membuat penekanan
c) Legibility
Penggunaan white space yang baik memungkinkan terjadinya hubungan yang baik antara unsur – unsur halaman dengan design dari website yang dibuat oleh jasa design web Anda. Penggunaan white space yang cukup besar digunakan untuk menciptakan kesan yang canggih, eksklusif, dan mewah pada sejumlah desain produk high end seperti parfum dan mobil. White space juga bisa digunakan pada desain website yang dibuat oleh jasa design web Anda sehingga mempunyai kesan canggih, eksklusif, dan mewah. White Space memiliki 3 peran utama, yaitu:
a) Untuk membuat pengelompokan
b) Untuk membuat penekanan
c) Legibility
5.
warna
pengertian
warna secara umum adalah spektrum
tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan
panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
Yang menghasilkan berbagai macam identitas cahaya
yang dapat merayap dan mnghasilkan cahaya berbeda beda , sehingga menghasilkan
warna.
Setiap warna memiliki makna tersendiri, berikut
adalah makna dari setiap warna yang ada:
Biru
: Kepercayaan, keyakinan, tenang dan serius
Ungu
: Ambisi, unik, misterius dan independen.
Merah : Passion, cinta, sensualitas, intensitas dan
kemarahan.
Hijau : Harmoni,
ambisi, segar, dan natural.
Coklat : Kenyamanan, kekuatan, maskulin, mewah.
Oranye
: Keberanian, Kesenangan, Ketegasan dan Antusiasme
Kuning : Damai, kegembiraan, energik, dan suka cita.
Putih
: Kepolosan, kemurnian, dan bersih.
Hitam :
Misterius, kuat, elegan dan duka
6.
font
pengertian font dalam dunia computer dapat berarti
Bentuk, model dan ukuran huruf pada sebuah program atau software.
Dalam dunia computer , font saat ini mempunyai
beragam bentuk dan gaya. Hal ini ditunjang dengan perkembangan ilmu pengetahuan
yang membuat gaya tulisan dari font yang diciptakan .
Referensi
No comments:
Post a Comment