Sunday, November 9, 2014

Aturan Desain Untuk Aplikasi Mobile, Web, dan Desktop







Pada postingan yang selanjutnya, adalah menjabarkan aturan desain aplikasi mobile ,web dan desktop.
lalu apa sebenarnya pengertian desain? 


Pengertian dari desain itu beragam menurut beberapa versi.

Seperti yang saya jelaskan pada tugas sebelumnya,  bahwa pengertian desain menurut versi saya adalah bentuk perwujudan dari perancangan suatu model buatan manusia untuk dapat dijadikan hasil/ obyek baru yang akan lebih berguna nantinya saat telah diselesaikan prosesnya. Jadi kesimpulannya baik desain untuk aplikasi mobile, web ataupun desktop itu memiliki bentukan awal yang dilanjutkan proses selanjutnya sehingga terbentuk wujud yang lebih indah yang diinginkan pengguna.
a.    
        -    Menentukan Tujuan

Sebenarnya apakan tujuan dari dibentuknya sebuah desain? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan desain antara lain:
1. Desain bertujuan untuk menyesuaikan antara hasil desain dengan manusia sebagai pemakainya dengan menyadari kelebihan keterbatasan serta kemampuan yang dimilikinya.
2. Desain yang dikombinasikan  dengan unsur-unsur seni dan teknologi bertujuan untuk mencapai keamanan, kenyaman dan keindahan.
3. Desain diciptakan dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.
efisiensi, produkvitas kehidupan manusia sehari-hari.
Sedangkan untuk tujuan aplikasi yang dibuat adalah sebagai media berkomunikasi bagi masyarakat yang berkesempatan untuk memperoleh edukasi tentang berbagai pengalaman online mencari banyak informasi yang dapat berupa jual beli, Tanya jawab, dan sharing tentang banyak informasi yang saling dikommunikasikan.
b.      Menganalisa Pengguna
Sudah kita pahami bahwa untuk memperoleh berbagai informasi di dunia maya atau internet alah tidak serta merta semua boleh menikmati layanan yang kita berikan. Kita memberi batasan kepada siapa saja yang bisa melihat informasi yang kami tampilkan.
hal-hal yang harus diperhatikan dari pengguna, yaitu:
1.      Umur : Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa usia tetap dibatasi untuk dapat menikmati layanan yang disuguhkan. Layanan yang ditampilakn pun harus sesuai dengan usia pengguna, misalnya untuk umur seusia anak anak. Harusnya tampilannya tak teralu formal dan monoton, karena pda dsarnya anak anka tidak suka hal yang monoton, mereka lebih cenderung suka yang mencolok dan cerah.
2.      bahasa dan budaya : begitu juga untuk bahasa dan budaya harus diperhatikan, dengan menggunakan bahasa yang formal dan tidak mengarah pada bahasa daerah tertentu. Misal bahasa jawa ataupun bahasa sunda maupun bahasa yang lainya.
3.      Level pendidikan : untuk membuat desain pada level pendidikan harus dapat menampilkan kesan formal dan tidak terlalu rumit , karena jika terlalu rumit maka akan kurang diminati oleh mereka yang notabene orang berpendidikan.
4.      akses penggunaan,dan kategori desain aplikas: dalam hal ini haruslah dibuat desain yang minimalis tanpa banyak corak dan embel embel yang tidak pantas dipandang mata dan mengurangi bebasn memori.
5.      Kategori Desain Aplikasi : aplikasi yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam berinteraksi dengan dunia luar dengan berbagai macam kebutuhan, misalnya untuk usaha perdagangan, untuk pendidikan jarak jauh, dan lain lain.
c.       Menganalisa Pesaing
Tidak kita pungkiri bahwa dalam dunia bisnis ini pastilah terdapat pesaing yang dengan siap menyaingi usaha yang dilakukan kita.
Adapun hal yang perlu kita perhatikan dalam memahami karate pesaing atau kompetitor
1.  Memahami pesaing:
Maksud dari memahami pesaing dalah dengan melihat kinerja dari pesaing lakukan dalan berusaha di dunia perdagangan, kita lihat dahului system kerjanya lalu kita bandingkan dengan dsistem kinerja kita. Dan kita perbaiki cara kerja dan system kerja kita.
2.  Memahami yang sedang tren:
Maksud dari mamahami tren dalah dengan melihat peluang dengan yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat dankita bisa memanfaatkan tren tersebut sebagai langkah awal untuk memulai strategi melalukan usaha awal.

d.      Pahami kemampuan dan sumber daya
          Mungkin sebagian dari kita telah mengetahui sumber daya. Ya sember daya adalah peralatan atau    rangkaian yang digunakan untuk menjadi barang jadi. Dan suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sehingga kita dituntut untuk membuat agar tepat guna dan tidak boros sumber daya yang ada.
e.       Komposisi Desain
Dalam komposisi dsain terdapat beberapa unsur diantaranyaAda beberapa hal yang dibahas dalam komposisi desain ini yaitu, , dan berikut sedikit penjelasannya

1.                  komposisi rules of third
Pada rules of thirds, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga anda memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, kita sekarang memiliki pertemuan empat titik
Keempat titik pertemuan yang diwarnai merah diatas bisa kita sebut sebagai empat titik mata. Nah teori komposisi rules of thirds mengatakan bahwa kalau kita menempatkan “point of interest” alias bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat.

Tidak semua empat titik harus diisi bersamaan, cukup salah satu. Dan elemen point of interest tersebut bisa jadi berupa obyek foto manusia ataupun benda mati.

Dalam ilmu desain disebutkan bahwa saat melihat sebuah gambar, mata manusia secara natural tertuju pada salah satu titik diatas dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Sehingga foto yang disusun dengan komposisi rules of thirds lebih enak dimata karena sejalan dengan cara mata kita melihatnya.


2.                  Grid
Sistem grid adalah kemampuan dasar yang harus dimengerti dan dipahami oleh seorang desainer. Dahulu sebelum sistem grid web disediakan secara luas oleh para web desainer, saya terbiasa membuat Grid sendiri menggunakan ruler dan guide pada Photoshop. Kini template atau dasar dari Grid telah banyak disediakan untuk dapat segera dipergunakan.

Pada dasarnya, semua yang kita lihat dan saksikan berdasarkan pada Grid, denah bangunan, bentuk gedung, layout majalah atau buku, tata ruang, bahkan desain Web berdasarkan pada Grid.



3.                  Balance
Keseimbangan (balance) adalah salah satu poin penting keberhasilan sebuah desain. Semua orang suka dengan keadaan nyaman (tidak timpang) terhadap apa yang dilihatnya. Keseimbangan dalam desain grafis dapat tercapai dengan mengatur berat visual masing-masing elemen, baik dalam hal skala, warna, kontras, dsb.

Secara garis besar, keseimbangan pada desain grafis dapat terbagi kepada dua bagian :

a. Keseimbangan simetris (Symmetry Balance)
b. Keseimbangan Asimetris (Asymmetry Balance)



4.                  white space
Apakah White space tersebut? ruang kosong di antara dan di sekitar unsur-unsur desain layout atau halaman. Hal ini dapat meliputi: ruang di sekitar grafik dan gambar, margin dan selokan, ruang antara kolom, dan bahkan ruang antara jenis baris. White space disebut juga sebagai negative space. Negative space juga tidak menyiratkan arti bahwa hanya warna putih yang dapat digunakan dalam pembuatan website yang dibuat oleh jasa design web Anda, tetapi juga warna – warna lainnya juga dapat diaplikasikan.

Penggunaan white space yang baik memungkinkan terjadinya hubungan yang baik antara unsur – unsur halaman dengan design dari website yang dibuat oleh jasa design web Anda. Penggunaan white space yang cukup besar digunakan untuk menciptakan kesan yang canggih, eksklusif, dan mewah pada sejumlah desain produk high end seperti parfum dan mobil. White space juga bisa digunakan pada desain website yang dibuat oleh jasa design web Anda sehingga mempunyai kesan canggih, eksklusif, dan mewah. White Space memiliki 3 peran utama, yaitu:
a) Untuk membuat pengelompokan
b) Untuk membuat penekanan
c) Legibility



5.                  warna
pengertian warna secara umum adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
Yang menghasilkan berbagai macam identitas cahaya yang dapat merayap dan mnghasilkan cahaya berbeda beda , sehingga menghasilkan warna.
Setiap warna memiliki makna tersendiri, berikut adalah makna dari setiap warna yang ada:
                        Biru : Kepercayaan, keyakinan, tenang dan serius
                        Ungu : Ambisi, unik, misterius dan independen.
Merah : Passion, cinta, sensualitas, intensitas dan kemarahan.
 Hijau : Harmoni, ambisi, segar, dan natural.
Coklat : Kenyamanan, kekuatan, maskulin, mewah.
                        Oranye : Keberanian, Kesenangan, Ketegasan dan Antusiasme
Kuning : Damai, kegembiraan, energik, dan suka cita.
                        Putih : Kepolosan, kemurnian, dan bersih.
Hitam : Misterius, kuat, elegan dan duka


6.                  font
pengertian font dalam dunia computer dapat berarti Bentuk, model dan ukuran huruf pada sebuah program atau software.
Dalam dunia computer , font saat ini mempunyai beragam bentuk dan gaya. Hal ini ditunjang dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang membuat gaya tulisan dari font yang diciptakan .







Referensi




No comments: