Nama : Raden Alvikar Pambudi
Npm : 58412462
Kelas : 3IA17
The Adventure of Gatotkaca
Skenario game ini saya buat untuk memenuhi Tugas Softskill Pengantar Teknologi Game .
Deskripsi Game :
Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi. Jenis game yang digunakan adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu Gatotkaca. Di dalam game ini ada pengumpulan score dan petualangan.
Deskrip singkat petualangan :
Game ini bercerita tentang Seorang putri raja (Srikandi) yang kehilangan sebuah perhiasan berharga di istananya. Kemudian sang Raja (Prabu Dasamuka) mengadakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan perhiasan tersebut akan diberikan sebidang tanah dan menjadi suami Srikandi. Sementara itu, seorang pemuda dari desa, Gatotkaca, mencoba mengikuti sayembara tersebut. Gatotkaca mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Sengkuni). Sengkuni bersedia memberitau siapa pencurinya jika dapat
menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya Gatotkaca dapat
menjawab semua pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, Sengkuni mengatakan
bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja Pencuri (Burisrawa)
dan menyebutkan dimana dia tinggal. Setelah mengetahui informasi
tersebut, Gatotkaca melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa.
Setelah sampai rumah Burisrawa, Gatotkaca meminta perhiasan yang
dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Gatotkaca dapat
menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Gatotkaca dapat menjawab
pertanyaan tersebut dan diberikan perhiasan yang berharga itu. Gatotkaca
kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu.
Ia juga menangkap Burisrawa untuk mempertanggung jawabkan semua
perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Srikandi
menyambutnya. Prabu Dasamuka menanyakan beberapa pertanyaan mengenai
perjalanan Gatotkaca dalam misi mencari perhiasan yang hilang. Gatotkaca
menceritakan perjalanannya secara detail. Ia akhirnya mendapatkan
sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Srikandi.
Mereka hidup bahagia selamanya.
Alur Setting Permainan :
Setting 1 : Istana
Karakter : Putri Srikandi, Gatotkaca dan Prabu Dasamuka
Deskripsi :
Srikandi kehilangan
perhiasan berharganya. Dia telah berusaha mencari kesana-kemari tetapi
tidak juga ia temukan. Kemudian dia bilang ayahnya, sang Raja, Prabu Dasamuka
untuk membantunya. Prabu Dasamuka mengumumkan sayembara kepada siapa
saja untuk menemukan perhiasan itu. Pengumuman tersebut didengar oleh Gatotkaca
yang berada tidak jauh dari istana. Diapun berkeinginan untuk ikut
sayembara tersebut. Sehingga ia mencaritau lebih banyak tentang
sayembara itu kepada penjaga istana. Tetapi
ia harus diuji oleh penjaga tersebut dengan 3 pertanyaan. Setelah dia
dapat menjawab pertanyaan dengan tepat, dia boleh mencari perhiasan yang
hilang tersebut.
Setting 2 : Forest
Karakter : Gatotkaca, Ki Sengkuni
Deskripsi :
Gatotkaca mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Ki Sengkuni).
Ki Sengkuni bersedia memberitau siapa pencuri perhiasan itu jika
Gatotkaca dapat menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya
Gatotkaca dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Sengkuni mengatakan
bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja Pencuri (Burisrawa) dan dimana dia tinggal.
Setting 3 House
Karakter : Gatotkaca, Burisrawa
Deskripsi :
Gatotkaca melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa.
Setelah sampai di rumah Burisrawa, Gatotkaca meminta perhiasan yang
dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Janoko dapat
menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Gatotkaca dapat menjawab
pertanyaan tersebut dan Burisrawa dengan berat hati memberikan perhiasan
yang berharga itu serta ia menyerahkan diri.
Setting 4 : Istana
Karakter : Gatotkaca, Prabu Dasamuka dan Putri Srikandi
Deskripsi : Pada Stage ini Gatotkaca berada di sebuah istana kembali. Gatotkaca
kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu.
Ia juga menyerahkan Burisrawa kepada pihak kerajaan untuk
mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Putri Srikandi menyambutnya. Gatotkaca akhirnya mendapatkan sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Putri Srikandi. Mereka hidup bahagia selamanya.
Kondisi menang :
Kondisi
menang apabila Gatotkaca berhasil menemukan dan mengembalikan benda
dengan memenuhi syarat yang diberikan di setiap stage,
Kondisi Kalah :
Jika salah menjawab pertanyaan ia tidak akan dapat melanjutkan ke stage berikutnya
Keuntungan dari Permainan :
Permainan ini dapat digunakan untuk menggali kemampuan kita dalam membaca dan juga bentuk Simple Past Tense
No comments:
Post a Comment